Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkas lamaran kerja

Berkas-berkas lamaran kerja. lokernusantara.net

Berkas-berkas untuk melamar kerja. Melamar kerja, ya. Bagi kamu yang baru lulus sekolah atau menjelang semester akhir. Pasti ada sebagian yang masih bingung mengenai dunia kerja. Hal itu wajar, dikarenakan dunia kerja merupakan hal baru bagi mereka yang masih sekolah. berkas lamaran kerja umumnya.




Sebelum melamar pekerjaan dan menyapkan berkas lamaran kerja. Alangkah baiknya mengenali skill dan kemampuan yang kita miliki. Tonjolkan skill dan kemampuan agar personalia atau hr lebih yakin terhadap skill kita terhadap perkerjaan yang kita lamar. 

Tentang pekerjaan apa yang akan diambil,bagaimana cara melamarnya dan yang paling sederhana..apa saja berkas-berkas lamaran pekerjaan yang baik? Melamar pekerjaan tapi nilai akhir kita kurang memuaskan?Jangan khawatir, tidak semua perusahaan mewajibkan nilai sempurna sebagai patokan kok.Kita bisa mengakalinya dengan skill untuk melamar pekerjaan.

Dimasa pandemi ini banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja baik secara online maupun offline. bagaimana berkas lamarannya?

Berkas lamaran kerja yang lengkap akan memudahkan tim HR dalam melakukan seleksi calon pegawai baru.

Apabila sesuai kriteria, kamu akan cepat untuk dipanggil untuk memulai tahap selanjutnya seperti psikotes dan wawancara kerja

Nah, untuk kamu yang bersiap melamar pekerjaan,apa sajasih berkas-berkas yang perlu di persiapkan untuk melamar pekerjaan??.


Yuk simak, berikut berkas-berkas yang perlu dipersiapkan untuk melamar pekerjaan :

1. Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah Syarat wajib yang pertama kali untuk buat. Gunakan kertas folio pada umumnya.  Surat Lamaran Kerja biasanya di tulis manual dengan tulisan tangan juga menggunakan tinta warna hitam. Usahakan ditulis dengan rapi dan teratur ya. Penulisannya langsung ke point lamaran kerja dan jangan bertele-tele. Tuliskan secara rinci dan detail diri kamu dan jangan lupa tuliskan posisi yang ingin kamu lamar di surat lamaran kerja ini.agar hr tau posisi yang kamu lamar.


2. CV Atau Daftar Riwayat Hidup

CV atau Daftar Riwayat Hidup merupakan hal pentng lainnya saat kamu ingin melamar  pekerjaan. CV ini ada berbagai macam, ada yang ditulis manual dikertas folio, ada yang lembaran sudah jadi ( biasanya di tuang fotokopy tersedia ) dan adapula yang berupa lembaran print hasil karya sendiri.

CV atau Daftar Riwayat Hidup ini berisikan :

  1.  Data diri personal
  2. Riwayat Pendidikan ( baik formal maupun nonformal )
  3.  Riwayat Pekerjaan
  4.  Pengalaman organisasi
  5. Dan prestasi yang pernah diraih

Jangan lupa sertakan foto formal juga ya. Desain cv tidak perlu kebanyakan gambar, asal simpel dan mencakup 5 hal diatas tadi.


3. PAS FOTO TERBARU

Pas foto merupakan berkas lamaran yang wajib untuk melamar pekerjaan. Untuk perusahaan ,gunakan pas foto formal. Background foto tergantung permintaan perusahaan. Biasanya berwarna merah atau biru. Ukuran pas foto juga sesuai permintaan perusahaan pembuka lowongan kerja. Umumnya berukuran 3x4 atau 4x6. Untuk pria pastikan rambut jangan panjang ya, tetap rapih.


4. KTP

Berkas selanjutnya untuk melamar pekerjaan yaitu KTP. Mengapa KTP?

Karena dengan KTP, HR akan mendapatkan informasi mengenai latar belakang alamat pelamar kerja.

Hal ini berguna untuk hr dalam menentukan jadwal tes dan mengetahui data pribadimu mulai dari usia jenis kelamin dan alamat.


5. NPWP

Nah, untuk NPWP alias NOMOR POKOK WAJIB PAJAK ini opsional. Tapi baiknya kamu memilikinya untuk mempermudah dalam melamar pekerjaan.

NPWP ini digunakan untuk memotong pajak penghsilanmu dan untuk kemudian dilaporkan kepada negara. Bila Kamu belum mempunyai kartu NPWP, ada dua cara untuk membuat Kartu NPWP, langkah pertama mendaftar lewat offline dan langkah kedua melalui online. Langkah pertama (offline), silahkan Kamu membuat kartu NPWP dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat sesuai Domisili Kamu tinggal. Ketika kamu sudah sampai KPP kamu tanya petugas untuk membuat Kartu NPWP dan nanti kamu akan di bantu petugas dari mulai proses pendaftaran sampai penerimaan Kartu NPWP. Langkah Kedua (online) caranya tak susah, kamu hanya perlu mengakses situs web berikut NPWP ONLINE GRATIS . Prosedur yang kamu lakukan adalah memasukkan semua data pribadi, detail penghasilan, dan jumlah orang yang kamu tanggung.


6. IJAZAH DAN SKHUN

IJAZAH DAN SKHUN merupakan indikator kelulusan. Untuk itu HR terkadang  meminta untuk ditunjukkan ijazah asli. Bukan tanpa alasan, itu dilakukan HR untuk menghindari pemalsuan data. Untuk melamar offline.. bagusnya sertakan fotokopi ijazah dan skhun yang dilegalisir ya.


7. TRANSKRIP NILAI

Sama halnya dengan ijazah dan SKHUN, Transkrip nilai juga mengandung rangkuman nilai si pelamar kerjaan. Jadi jangan ;upa untuk menyertakannya untuk melamar prkrtjaan ya.


8. SKCK

SKCK  atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian merupakan kelengkapan yang harus kamu lampirkan dalam persyaratan melamar kerja. SKCK digunakan dalam rangka pembuktikan bahwa kamu berkelakuan baik sebagai warga negara Indonesia dan bebas dari catatan kejahatan kepolisian. Masa berlaku SKCK hanya selama 6 bulan saja. Jadi pastikan aktif ya atau perbaharui bila sudah mati.


9. Surat Keterangan Sehat

Surat Keterangan Sehat dari Dokter atau puskesmas merupakan salah satu berkas lamaran pekerjaan yang  perlu dipersiapkan. Surat Keterangan Sehat membuktikan bahwa kamu sehat lahir dan batin siap untuk melamar kerja. Untuk mendapatkannyapun tidaklah suli. Kamu hanya perlu ke puskesmas terdekat atau ke dokter. Mintalah untuk dibuatkan surat sehat untuk melamar pekerjaan.


10. KARTU KUNING

Nah, Kartu Kuning atau biasanya orang menyebut AK-1 atau Kartu Tanda Pencari Kerja merupakan kartu resmi yang dikeluaran oleh Disnaker yang ada di tiap Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia. Untuk mendapatkan Kartu Kuning Kamu bisa mendaftarkan diri dengan datang langsung ke Dinas Ketenagakerjaan setempat dan datang kebagian pembuatan Kartu Kuning. Perlu diketahui sebelum datang ke Disnaker Kamu perlu menyiapkan persyaratan seperti fotokopi KTP (kartu tanda penduduk), fotokopi KK (kartu keluarga), fotokopi ijazah terakhir (dilegalisir), pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4, kamu juga bisa melampirkan sertifikat kompetensi kerja dan surat keterangan pengalaman kerja yang kamu miliki.


11. SURAT KETERANGAN KERJA ATAU PAKLARING

Bagi kamu yang baru lulus sekolah ,ini tidaklah wajib. Sebab surat keterangan kerja ini diperuntukkan bagi pelamar kerja yang sudah berpengalaman atau pernah bekerja. surat ini didapat dari perusahaan sebelumnya sebagai bukti bahwa si pencari kerja pernah bekerja diperusahaan tersebut dengan posisi dan jabatan yang tertera di paklaring.


12. SERTIFIKAT PENDUKUNG

Bagi yang belum berpengalaman kerja, sertifikat pendukung merupakan langkah jitu untuk menunjukkan kepada HR terhadap skill dan kemampuan yang kita miliki. Misalkan sertifikat keahlian komputer, sertifikat magang, dan lain-lain. Ini akan menjadi nilai plus dimata HR.

Nah, itu dia berkas-berkas yang perlu dipersiapkan untuk melamar pekerjaan. Adapun berkas opsional antara lain KARTU KELUARGA,AKTA KELAHIRAN namun tidak wajib.


Bila kamu melamar secara offline baik melalui jasa ekspedisi pos dan lain-lain maka semua berkas di fotokopi ya,kecuali pas foto.

Untuk melamar online maka berkas-berkas sama saja ,hanya perlu discan dan dijadikan dalam 1 file yang umumnya berformat doct, ataupun pdf. Ukurannya beragam antara 300kb smpai maksimal 1 Mb. 

Bagaimana? Sudah ada gambaran bukan mengenai berkas-berkas yang perlu dipersiapkan untuk melamar kerja? .

Tetap ikhtiar dan berusaha ya pejuang rupiah. Usaha tidak akan menghiyanati hasil.

Informasi lowongan kerja cek web kami lokernusantara.net


Kamu juga  bisa ikuti kami : 


Demikian informasi mengenai berkas yang diperlukan untuk melamar pekerjaan.

Terima kasih pejuang rupiah